Teladan yang Mulia


1231.jpgDi sudut pasar Madinah ada seorang pengemis Yahudi buta yang setiap harinya selalu berkata kepada setiap orang yang mendekatinya, Wahai saudaraku, jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya maka kalian akan dipengaruhinya.Namun, setiap pagi Muhammad Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawakan makanan, dan tanpa berucap sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu sedangkan pengemis itu tidak mengetahui bahwa yangmenyuapinya itu adalah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW melakukan hal ini setiap hari sampai beliau wafat. Setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu. Suatu hari sahabat terdekat Rasulullah SAW yakni Abubakar RA berkunjung ke rumah anaknya Aisyah RA yang tidak lain tidak bukan merupakan isteri Rasulullah SAW dan beliau bertanya kepada naknya itu,Anakku, adakah kebiasaan kekasihku yang belum aku kerjakan?

Aisyah RA menjawab,Wahai ayah, engkau adalah seorang ahli sunnah dan hampir tidak ada satu kebiasaannya pun yang belum ayah lakukan kecuali satu saja. Apakah Itu?, tanya Abubakar RA.Setiap pagi Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada disana, kata Aisyah RA. Keesokan harinya Abubakar RA pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikan kepadapengemis itu. Abubakar RA mendatangi pengemis itu lalu memberikan makanan itu kepadanya. Ketika Abubakar RA mulai menyuapinya, sipengemis marah sambil menghardik,Siapakah kamu? Abubakar RA menjawab,Aku orang yang biasa (mendatangi engkau).

Bukan! Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku, bantah si

pengemis buta itu.

Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah.

Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut, setelah itu ia berikan padaku, pengemis itu melanjutkan perkataannya.

Abubakar RA tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW.

Seketika itu juga pengemis itu pun menangis mendengar penjelasan Abubakar RA, dan kemudian berkata, Benarkah demikian? Selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, ia tidak pernah memarahiku sedikitpun, ia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi, ia begitu mulia….

Pengemis Yahudi buta tersebut akhirnya bersyahadat di hadapan Abubakar RA saat itu juga dan sejak hari itu menjadi muslim.

Nah, wahai saudaraku, bisakah kita meneladani kemuliaan akhlaq Rasulullah SAW?

Atau adakah setidaknya niatan untuk meneladani beliau? Beliau adalah ahsanul akhlaq, semulia-mulia akhlaq.

1. Berikan al-Quran pada seseorang, dan setiap dibaca, Anda mendapatkan
hasanah.
2. Sumbangkan kursi roda ke RS dan setiap orang sakit menggunakannya, Anda
dapat hasanah.
4. Bantu pendidikan seorang anak.

5. Ajarkan seseorang sebuah do’a. Pada setiap bacaan do’a itu, Anda dapat hasanah.

6. Bagi CD Quran atau Do’a.
7. Terlibat dalam pembangunan sebuah mesjid.
8. Tempatkan pendingin air di tempat umum.
9. Tanam sebuah pohon. Setiap seseorang atau binatang berlindung dibawahnya, Anda dapat hasanah.

 

 

 

 

diambil dari berbagai sumber

17 Responses

  1. Kalau Mau Nyari teladannya Rasul Banyak Sekali…

    Rasul itu Sebaik-baiknya Orang !!

  2. hai orang-orang yang beriman, jangan lah kamumengecewakan sesama kamu. Sebab yang diatas dilarang untuk menghakimi sesama kamu.

  3. luar biasa sekali,, ana ampe terharu bacanya…. cerita2 seperti ini memang sebaiknya di ungkap ke halayak.. untuk meluluhkan hati yang keras …jazakumullah

  4. Rasulullah adalah sebaik2nya makhluk yang diciptakan Allah. Beliau sungguh sangat mulia. Kita semua patut mencontoh keteladanan beliau yang tak pernah memusuhi orang yang membencinya. Subhanallah…

  5. YA RASULULLAH SALAMUN ‘ALAIK

  6. telah kutelusuri semua cinta, dan semua ku gapai tapi tak ada yang abadi, dan ku lihat ternyata cinta abadi hanya kepada “kematian”

  7. cinta itu buta,menghancurkan, dan melupakan; ,buta akan kebenaran yang hak,buta akan jalan keselamatan,dan buta hati untuk sadar,kita ini hanya mahluk hina,dia bisa menghancurkan harapan,impian,kepercayaan, dan akidah ,dan dia bisa membuat melupakan tujuan,dosa ,dan melupakan alloh.kecuali cinta kepada “mati” bukan kepada dunia.

  8. woi !!! kau bilang islam itu gila kalian yang gila agama ga beres u jangan ngurus agama orang lah tuhan kalian ga kasihan tu yang telanjang bulat yang ga di urus kasihan tau kedinginan itu

  9. saya suka melihat kelakuan nabi muhamad seanadainya dia masih hidup … saya siap yang di perintah kan beliau ibarat keretaapi rasullah lokomotif 2 saya lokomtif 1 beban panjang biar la saya narik ga apa apa berdarah tubuhku ini demi nabiku yang kucinta ya rasullah do a kan aku jadi orang pemurah dan ta at segala perintah mu assallamualaikum…..

  10. ada yang guit gangguin rasullah ku hajar alias kugimbal can kan itu! aku ga senang diganggui nabiku yang sedang dakwah …. ingat itu1

  11. Subhanallah… Cerita di atas pernah saya dengar pula dibacakan seorang penyiar radio Islam dan saya sampai menangis menyimaknya. Yaa Rasulullah, kau sungguh pribadi agung. Kau pribadi mulia. Hatimu bersih, tanpa ada sedikit pun penyakit hati yang menghinggapinya. Kau begitu sayang kepada kami, umatmu melebihi cinta kami pada diri sendiri… Kaulah sosok yang pantas disejarkan namanya di sisi Allah Swt. Bahkan Allah Swt.dan para malaikat pun bershalawat kepadamu. Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘alaih…

  12. ALLAH SWT MENCIPTAKAN MANUSIA PALING MULIA DARI SEGALA CIPTAANNYA YANG LAIN KASIH SAYANG ALLAH SWT TERCERMIN MELALUI NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI BUKTI NYATA KESEMPURNAAN AKHLAK YANG MULIA..CONTOH BAGI UMAT MANUSIA YANG HARUS DITANAM DIDALAM “HATI” DISIRAM DENGAN PERBUATAN DAN TINGKAH LAKU YANG MULIA SEHINGGA BERBUAH KETENANGAN JIWA.

  13. hai ikhwan, banyak gambar n karton yg menghina nabi, sayang saya gak mengerti cara merubah or ngacak-ngacak……… tolong bantu ya ………….

  14. Rosullullah adalah Rahmatan LiL aa’lamin( merahmati seluruh alam ) dan suri tauladan yang baik, mana mungkin dia bermuka masam,seperti yang banyak orang katakan,nabiku muhammad.saw adalah orang yang suci dari dosa dan yang jelas dia bukan manusia biasa.

  15. Alkhamdhulillahirrabiyl’almin.
    Ya Rasulullah SAW, aku merindukanmu.

  16. Sallamun qoula mirrabirrahim.

Mohon Komentarnya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s