Tips Membersihkan Virus Dengan Aman


Indonesia menduduki rangking pertama dalam hal perkembangbiakan Virus. Hal ini justru menjadikan kebanggan kita karena banyaknya programmer handal bermunculan tetapi juga menjadikan kita sedih karena ilmu yang sebagus itu hanya digunakan untuk menjahili orang lain. Tetapi disini kita akan fokus membersihkan Komputer yang sudah terkena Virus.menurut pengalaman penulis ada 3 Langkah yang perlu untuk menghancurkan virus secara Optimal yaitu

1. Matikan Virus dalam Memori / Background Prosess yang sedang berjalan
2. Nonaktifkan Virus dalam proses Startup/Services dan Perbaiki Registry
3. Pasang Anti Virus yang Up to date

Dengan 3 langkah tersebut insya Allah anda bisa membasmi virus dan mencegah Virus datang lagi.

Adapun cara pertama adalah mematikan Virus dalam proses Memori. Bila hal ini tidak dilakukan maka Percuma anda melaksanakan langkah selanjutnya, tetap tidak bisa dihancurkan dengan tuntas karena selama masih berjalan di memori maka virus akan tetap eksis.

Tool yang sangat bagus dan disarankan penulis adalah CompactByteAV, anda bisa download http://www.compactbyte.com/cav/cav-0.94-package.zip . Program ini istimewa karena dapat menonaktifkan semua Proses background maupun program yang sedang berjalan dimana program tersebut dienkripsi / dikompresi dimana 100% Virus programnya dikompresi dan di enkripsi. Anda cukup menjalankan cav-0.94.exe yang ada dalam file cav-0.94-package.zip. Dengan menjalankan program tersebut maka semua osft yang di enkripsi / dikompresi akan di nonaktifkan. silahkan diccoba berulang-ulang sampai bersih, kalau masih belum puas bisa di klik scan.

Cara kedua adalah memperbaiki dan membersihkan proses Startup / services. Ada 1 Virus yaitu Kespo yang membuat Backgrouund di aplikasi Services bernama K Print Spooler. untuk mematikannya cukup dengan klik start -> run -> services.msc kemudian cari string K Print Spooler kemudian Di klik kanan -> Properties -> Disable -> oK(jangan salah spooler.exe). Hampir semua virus mendaftarkan Programnya di Proses Startup agar bisa jalan setelah restart, hal ini cukup mudah hanya dengan didisable semua startup dalam msconfig. Klik start -> run -> msconfig -> starup -> disable All.(Atau bagi yang sudah Advanced bisa dipilih yang dicurigai virus kemudian dihilangkan centangnya). klik OK kemudian restart Komputer anda. Cara ini efektif dilakukan bila cara pertama benar-benar dilaksanakan dengan sempurna.

Yang tidak kalah pentingnya adalah membersihkan hasil editan registry Virus tuk diperbaiki seperti semula. Beberapa Virus merubah settingan Folder Option, regristrasi dsb. Untuk cara yang mudah memperbaikinya anda bisa menggunakan Addon ANSAV bernama RegistryFix atau menggunaka The Killer MAchine dan juga jangan lupa membuka Web vaksin.com (bukan promosi nih) dan apabila anda terkena virus yang ada di artikel vaksin.com anda bisa memperbaiki dengan mengikuti petunjuk dari pihak vaksin.com.

Cara yang paling akhir adalah cara Pembasmian dan Pencegahan virus masuk kembali yaitu dengan Scan dengan AV UPDATE terbaru serta installa AV yang update terbaru serta berkualitas. Untuk scan virus local anda bisa menggunakan ANSAV(ansav.com) atau PCMAV. Untuk AV penulis sarankan menggunakan Mcafee Enterprise 8.00i Patch 15 atau menggunakan AV yang berlisensi Industry/enterprise.

Mungkin itu sedikit trik menghancurkan Virus di Komputer, bila banyak salah maka mohon dimaklumi karena yang disampaikan penulis berdasarkan Pengalaman saja.

http://icttmg.co.nr

Mohon Komentarnya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s