Sistem Komputer


Resume materi pelajaran KKPI untuk kelas X-AP1 dan X-AP2 pertemuan 1.

Standar Kompetensi : Mengoperasikan PC Stand Alone

Kompetensi Dasar : Mengoperasikan sistem operasi berbasis Teks.

 

SISTEM KOMPUTER

  Devinisi Komputer :

Hamacher, berpendapat bahwa komputer adalah mesin hitung elektronik yang cepat dengan menerima informasi input digital dan menghasilkan output berupa informasi.
Fouri,berpendapat bahwa komputer adalah suatu alatpemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpa manusia ikut campur.
Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa komputer adalah pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.
– Menurut Robert H. Blissmer (1985)dalam bukunya “Computer Annual” computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
1. Menerima input
2. Memproses input tadi sesuai dengan programnya
3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. Menyediakan output dalam bentuk informasi

Pengertian komputer secara umum :

– Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
– Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Pengertian Sistem komputer.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan suatu pekerjaan untuk mencapai suatu hasil.

Komponen Sistem Komputer :

1. Hardware.

Hardware adalah Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik.
Terdiri dari : – Input device,  – processing device,  – output device,  – storage device.
a. Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : Keyboard, Pointing Device, Mouse, Touch screen, Scanner, Microphone, dll.
b. processing device.

Biasa di sebut CPU : Perangkat yang berfungsi sebagai pemroses data yang masuk dari input device.
Alat pemroses : Presessor, Register,
CPU memiliki dua bagian utama yaitu ALU dan CU.

ALU merupakan bagian CPU yang  berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Operasi aritmatika : Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian. Operasi Logika : “=“, “<>”, “<“, “>”, “<=“, “>=“, And, Not, Or, Nor, Nand, dll.  Tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

CU (Control Unit) : Bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit).

Tugas CU :M engatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama, Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses, Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja, Menyimpan hasil proses ke memori utama.

c. Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pemrosesan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh output device : Monitor, speaker, printer, dll.

Mohon Komentarnya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s